Selasa, 09 Juni 2009

Review Utada's Album - This Is The One


Bulan ini saya lagi suka mendengar album terbarunya Utada Hikaru yang berjudul This Is the One. Pertama kali mendengar single pertamanya Come Back To Me...insting saya mengatakan ni album bakalan beda deh dari debut album internasional sebelumnya berjudul Exodus.

Berbicara soal debut album Exodus terdahulu...bisa dibilang ni album flop abis. Walaupun salah satu singlenya Devil Inside berhasil masuk di US Dance Chart , dan walaupun uda menggandeng si mega produser Timbaland, tetapi menurut saya citarasa musik khas Utada ga ada sama sekali. Utada itu setahu saya basicnya pop RnB , namun Utada suka banget membawakan musik yang lebih eksperimental dan kontemporer tetapi ciri khas musik dia yang easy listening ga hilang. Saya sebagai penggemar Utada semenjak dari debut album Jepangnya First Love ...sedikit kecewa dengan album Exodus. Maunya sih mengangkat derajat musik Utada untuk lebih Amerika , tetapi terkesan dipaksakan gtu. Untungnya kekecewaan saya terobati dengan album internasional ketiga Utada berjudul This Is The One. (Album pertama Utada berjudul Cubic U, dan yang kedua berjdul Exodus).

Kenapa saya bilang album This Is The One beda? Karena di album ini Utada bisa mengekspresikan musiknya dengan bebas tanpa kehilangan ciri khasnya. Dan semua single di album ini lebih universal. Thanks to producer LA Reid yang langsung turun tangan membangkitkan sense musik Utada. Single Come Back To Me sendiri adalah sebuah pembuktian dimana Utada mulai bermain dengan beat-beat ala NeYo yang lagi booming, tetapi sense dia dalam penulisan lirik dan permainan piano yang ok banget bisa ngeblend. Sepertinya Utada udah menemukan cara mengekspresikan musiknya dengan selera pasar internasional.
Single Come Back To Me mengingatkan saya dengan single First Love-nya dulu. Dan semua single di album barunya ini seperti menggunakan resep debut albumnya dulu First Love dan totalitas talenta Utada seperti di album Jepang ke-3nya Deep River . Itu baru the real Utada. Pop RnB with touch of Utada's classic piano.Bisa dibilang semua single di album ini bisa jadi hits, karena semuanya easy listening dan bermain di beat medium yang soundnya modern.

Single pertama Come Back To Me ditulis sama Utada dan diproduseri Stargate. Siapa sih yang ga kenal Stargate yang biasanya kerja bareng NeYo. Stargate adalah tim produser yang terdiri dari 2 orang asal Norwegia yang uda langganan Grammy. Selain Come Back To Me, Stargate memproduseri hampir seluruh track di album ini. Nampaknya Stargate emang partner yang cocok buat Utada. Seperti Me Muero. Sebuah track dengan beat RnB dan sound Mexican dan sedikit nuansa bossanova.
Ada lagi track Apple and Cinnamon yang chorusnya catchy banget..."
chemistry like Apple & Cinnamon...Like Apple & Cinnamon" yang dinyanyikan berulang-ulang.
Masih ada 1 track ballad berjudul This One (Crying Like A Child) yang mungkin liriknya sedikit pribadi. Dan salah satu track yang saya sangat suka. Utada juga menyisipkan 1 track lawas milik Ryuici Sakamoto yang uda dikenal luas yaitu Merry Christmas Mr.Lawrence -FYI. Saya sempat kaget dengan sample track ini , karena ternyata sampel lagu ini juga dipake sama Anggun untuk single Seize The Day di album Elevation. Walaupun memakai sample yang sama tapi hasilnya beda. Track milik Utada lebih ada bau Asianya. hehe
Single yang lainnya yang ga kalah keren ada Poppin dan On and On. Saya merasa Utada kayakya pengen semua track di album ini jadi hits single. Karena benar-benar easy listening dan mendengarkannya pun sangat menyenangkan. ^_^
Masih ada 3 track lagi dari album ini yang ditangani sama produser RnB hip hop yang lagi naik daun karena berhasil menangani Mariah Carey, Chris Brown ampe Pussycat Dolls. He is Christopher Tricky Stewart. 3 track yang dia peroduseri semuanya dengan beat medium to up. Polesannya ga berlebihan tapi beatnya asli bisa bikin ngedance di tempat. Tricky membuat single Utada penuh sound Amerika dan permainan synthesizer yang ear catchy. Coba dengerin Dirty Desire...yang lagi-lagi chorusnya saya suka (mudah diingat sih).
Atau ga dengerin track Automatic Part 2 yang sangat cheerful sekali dan pengen memperkenalkan siapa Utada itu (kayaknya pengen ngulang sukses single Automatic di debut albumnya dulu). Single lainnya yang diproduseri Tricky adalah Takin My Money Back. Single ini bercerita tentang putusnya sepasang kekasih, dan si cewek lalu mengambil semua miliknya bahkan uangnya dari si cowok. Sangat girl power sekali yhaa.
Secara keseluruhan saya bilang album ini sangat menyenangkan , energetic, seperti perpaduan Utada Hikaru dengan NeYo, Mariah Carey sampe Rihanna. Saya jadi berharap banyak untuk album selanjutnya deh.

Well what can i say...i really love this record..and also this woman...Utada really rocks my day ^_^...Make sure that you got this record too. Ga bakalan nyesel deh. Seru buat dipasang di mobil atau dengerin sambil santai di kamar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar