Selasa, 26 Mei 2009

Alya dan Profesi Reporter

Apa yang dibayangin pertama kali saat dengar kata reporter? Pastinya udara panas, item, keringetan, ngejar-ngejar pejabat ampe meliput konflik. Itu yang saya pikirkan saat pertama kali menjadi reporter di sebuah radio di Jogja. Emang sih awalnya pelatihan jadi reporter itu uda kayak latihan perang. Seperti mengatur strategi mencari berita yang bernilai. Mulai dari mencari narasumber, list pertanyaan spontan, sampe plan B kalo ga dapet materi. Tetapi karena saya reporter radio anak muda, so sebenarnya kerjaan saya ga ribet banget.
Ternyataaa...menjadi seorang reporter radio anak muda itu mengasyikan. Profesi ini bikin saya mendapatkan banyak pengalaman baru yang seru. Termasuk akses yang luas.

Bayangkan saya sering makan gratis di restoran terkenal baik di hotel maupun di luar hotel. So hobi kuliner saya terpenuhi. Kalo orang lain pada heboh makan di sebuah restoran mahal...saya cuma tersenyum kecil karena saya pernah mencoba tanpa bayar pula. Saya pernah makan di restoran Bumbu Desa (resto sunda), Omah Dhuwur, resto hotel Jayakarta, Novotel, Inna Garruda, Melia Purosani, Jogja Plaza Hotel (saat relaunching resto Sri Katon), gama candi, KFC, sampe resto milik keluarga keraton yang menyajikan resep bangsawan keraton Bale Raos (resto ini juga harganya cukup bikin dompet tipiss). So nanya resto mana yang enak, just name it.

Dulu saya pikir saya akan kesulitan mencari berita saat harus liputan di luar. Syukurlah kredibilitas perusahaan saya sangat ok, sehingga berita yang mencari saya...hahaha. Yah misalnya sosialisasi program pemerintah. Ada undangan resmi dan biasanya sosialisasi ini dilakukan di hotel berbintang. Sudah makan enak, belum lagi dengan bonus uang transport mulai dari 25 ribu rupiah sampe 100 ribu. Di dunia jurnalis hal ini bukan rahasia lagi. Awalnya saya sempat takut waktu dapet amplop putih ini. Soalnya takut dikira jurnalis amplop, yang suka mejeng di halaman depan harian kriminal. hiiii^_^. Tetapi saya dikasi tahu untuk ambil aja...hitung2 uang transport. Lagian semua teman jurnalis saya pada ngambil . Yang penting saya ga ngelakuin dosa deh...seperti beritain yang jelek2 hehe. Makanya kadang saya masih punya simpenan duit saat teman-teman kantor saya pada kere. Ga cuma dari lembaga pemerintahan saja. Perusahaan komersil malah sering banget ngasih fasilitas. Bole dibilang media service dari perusahaan komersil itu lebih enak lagi. Kalo lagi launching produk biasanya dapet uang transport sampe 200 ribu. Ga cuma itu , kadang dapat sample bahkan produk dari perusahaan tersebut. Saya sendiri bisa dibilang jarang belanja bulanan karena sering dapet gratisan produk. Contohnya Unilever. Paling sering ngadain press conference...secara dia paling banyak produknya. Dalam sebulan saya dapet gratisan pasta gigi Close Up 3 bungkus besar berbagai varian, paket shampoo Sunsilk lengkap, sabun Lux , produk Ponds mulai dari facial foam ampe hand body. Bener2 cukup buat 3 bulan. Kadang kalo lebih saya bawa pulang ke rumah.

Sebenarnya yang paling saya suka dari preskon perusahaan komersil adalah pembagian goodie bag. Karena saya dapetin barang-barang yang jarang dipunya orang. Misalnya kaos, tas sampe asbak. Saya punya banyak banget koleksi kaos sponsor mulai dari rokok sampe kopi. Dan semuanya itu saya jadiin kaos tidur kalo ga berakhir di lemari papa dan mama saya. hahaha.


Tetapi dari semua fasilitas itu , yang paling saya suka dari profesi ini adalah bisa memuaskan hobi travelling dan hobi belajar saya. Menurut saya belajar ga harus di satu tempat aja. Segala sesuatu yang saya nikmati tiap hari saya yakin saya mendapatkan pengalaman dan pelajaran dari situ. Saya sangat bersyukur saya pernah mendapatkan pelatihan jurnalistik dari lembaga berita nternews dan LSPP, di 5 kota besar di Indonesia. Can you imagine that? Pelatihan ini dilakukan di Solo, Bandung, Jakarta,Surabaya,Semarang, dan Yogyakarta . Selain bisa jalan-jalan banyak pengetahuan yang saya dapatkan. Jujur gambaran the real journalist itu justru saya dapatkan dari pelatihan ini. Karena disini diajarkan dasar-dasar jurnalis mulai dari teorinya sampe pembuatan feature. I love this lesson so much. Nantinya apa yang saya dapatkan ini saya terapindi tempat kerja, bahkan saya sempat mengubah beberapa mindset newsroom di tempat kerja saya. ^_^ Selain dari lembaga berita internasional, banyak lembaga-lembaga lain yang sering mengadakan seminar atau workshop tentang jurnalis dengan berbagai tema. Mulai dari tema kesehatan flu burung , lingkungan sampe bencana alam. Semakin banyak deh isi otak saya..hahaha. Bahkan kepikiran bikin buku bo...hahaha. Well karena muatan di kepala saya sudah fix dan lebih bermutu saya jadi yakin dan pd aja saat liputan. Dengan travelling dadakan ini saya bertemu dengan banyak orang. Mulai dari orang kecil (masyarakat bawah) , artis ampe orang hebat. Banyak tema dan permasalahan yang dapat dijadikan topik liputan.

Saya bersyukur dengan yang saya jalani sekarang karena saya merasa apa yang saya alami tiap hari ga bisa terulang dua kali. Its life so enjoy it. Dan klo ada orang yang mengecilkan arti sebuah profesi apapun itu..menurut saya orang itu belum menemui arti hidup bahagia sepenuhnya. Tadinya saya berharap jadi penyiar aja tetapi terjun di dunia jurnalis justru memancing kreatifitas saya. Apapun itu saya patut menghargainya. hahaha.

2 komentar:

  1. Wahh, pekerjaan neng ternyata menyenangkan ya?
    Bisa muter2 ke segala macam daera :)

    Banyak yg skeptis memang dengan pekerjaan reporter
    Tp sama jadi penyiar enakan mana?
    Hehehe...

    BalasHapus
  2. Yah setiap pekerjaan ada suka dukanya. Tapi ambil enaknya saja.

    Saya memang meliput berita tetapi saya juga yang membacakan berita itu. Sebenarnya saya lebih cocok dibilang broadcaster kali yhaaa...

    Kalo saya bilang sih sama enaknya, asal yang ngejalanin juga enjoy.

    BalasHapus