Senin, 18 Mei 2009

Profil Alya sang Pembaca Buku Sejati

Mata saya berbinar-binar waktu tahu saya bakal diinterview sama sebuah koran lokal di Jogja. Yup inilah keuntungan bekerja di media. Sudah bisa jalan-jalan kemana-mana (Bali, Jakarta, Surabaya,Solo, Semarang , sampe Karimun Jawa), eh bisa jadi famous lah (gpp walo cuma tingkat daerah). Sebenarnya sih saya diinterview karena radio tempat saya kerja bekerjasama dengan koran tersebut untuk sebuah polling tentang topik yang lagi jadi trend di kalangan anak muda sekarang. Nah untuk melengkapi polling itu, para penyiar ato tepatnya kru produksi yang ada di radio saya ditodong buat dijadiin profil. Untungnya radio tempat saya kerja udah punya nama hehehe *sombong mode on. Nah kali ini giliran saya yang diinterview, dengan topik yang rada berat pengetahuan dan buku. Wow..mungkin pada sering melihat saya membaca yha saat istirahat kerja. Padahal seringnya sih baca komik..hehe. Kalopun baca yang berat-berat paling sebatas novel laris saat ini atau buku psikologi or about media. Untungnya juga minat baca saya lumayan tinggi dan ada beberapa judul buku yang sudah saya lahap. hehe.
Saya pun janjian dengan si wartawan itu. Ternyata wartawan yang akan mewawancarai saya sudah saya kenal. Karena sering bertemu saat liputan dan sering main ke kantor. Mas Heru namanya. Dia mengSMS saya duluan meminta waktu kosong saya untuk diinterview. Dan saya bales "wah mas , gpp sih saya diinterview, tapi saya ga begitu hebat sih..hahaha" Padahal saya ngarep abisss..hahaha.
Akhirnya...saat diinterview itu tiba...pertanyaan pertama yang dilontarkan pada saya adalah buku jenis apa yang saya suka? Berapa kali sehari kalau baca? Dilanjutkan dengan apakah suasana mempengaruhi aktivitas baca saya ? Rental buku favorit? Buku terakhir yang dibaca? Pendapat saya tentang minat baca dan saran supaya orang mulai suka membaca. Interview ini diakhiri dengan menjepret saya untuk dimasukin di koran. Mas Heru bilang pada saya bahwa liputan ini bakal tayang hari Minggu. Pastinya saya harus beli koran hari Minggu dunk.
Setelah saya jadi rempong sendiri karena lupa beli koran hari Minggu dan setelah mengobrak abrik kantor, hari Senin saya temukan koran yang memuat profil saya. Alhamdulillah. Ini gara-gara keasyikan ngoprek Facebook dan maen seharian...jadi lupa beli koran. Baru deh di hari Senin rempong gtuuu. Saya pun sampe menulis status di Facebook untuk mencari koran edisi minggu kemarin...hahaha. Eh malah dapetnya di kantor. Begitu kora udah di tangan...dengan deg-degannya...taraaaa...saya menemukan profil saya di rubrik Gaul (cieee).
Ada foto saya yang duduk di sofa callbox siaran....tampak gendut..hahaha
Judulnya donk ga tahannnn.."Bodoh Kalo Ga Baca Buku"...wow amazing...itukah statementku...hahaha. Yasud kalimat pembukanya juga dahsyat..."Jangan mengajak bicara Alya saat dia sedang membaca buku, karena dia tidak bakal merespon" Lalu ada quoteku gtu.." Iya mas..kalo aku lagi baca udah kayak orang autis deh..budeg" Wow...sebah kalimat yang sangat menggambarkan saya banget. hehehe. Emang sih kalo lagi baca pas seru-serunya , kalo diganggu rasanya pengen membunuh tu orang...hahaha. Trus ada tulisan yang sangat menggambarkan hobi saya makan..."...saya senang membaca kalo di kamar...apalagi ada cemilan ..wah kenikmatan tiada tara..." Jrenggg! Saya suka ngemil khan. Yah...di profil itu tertulis bahwa saya mempunyai banyak koleksi novel karya Seno Gumira Adjidarma, dan buku terakhir yang saya baca ada 2 judul. Yaitu Illustrated Biography of Warren Buffet dan Values Based on Leadership. hehe...saya sempat cengar cengir ngeliat tulisan ini...karena kesannya saya hebat banget...hahaha. Belum lagi dengan pendapat saya yang tertulis jelas di sana soal minat baca buku saat ini. Menurut saya minat baca buku saat ini apalagi di kota pelajar ini sangat kurang. baca buku kalah sama nongkrong di mall atau di kafe. Seakarang tuh anak muda lebih mencari hiburan instan. Tapi sekalinya bosan dengan hiburan instan itu, ga ada satupun ilmu yang didapet dari hura-hura itu. Kalo baca buku khan ilmunya terekam dan bisa digunain sampe kapanpun. Bagi saya ilmu itu harta. Saya suka baca komik juga kok...bukan berarti komik selalu negatif. Banyak kok komik pengetahuan. Wah...overall saya puas dengan tulisan Mas Heru di koran itu. Saya tampang pintar sekali padahal saya yo nyantai aja ...hahahaha. Semoga ada yang bermanfaat dari profil saya itu. Pastinya seluruh Jogja jadi tahu bentuk saya yang asli. hahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar